Rabu, 19 Juni 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XII / 1 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(1)

NAMA SEKOLAH : SMA / SMK
MATA PELAJARAN : AGAMA KATOLIK
KELAS/PROGRAM : XII / IA/IS
SEMESTER : GASAL
TAHUN PELAJARAN : 2009/2010
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT


I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna firman Allah,ajaran Yesus dan ajaran Gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama-sama dengan kehendak Allah.

II. KOMPETENSI DASAR
Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

III. MATERI PEMBELAJARAN
Memperjuangkan Keadilan:
1. Fakta-fakta ketidakadilan
2. Analisis sebab akibat ketidakadilan
3. Arti dan makna keadilan
4. Kutipan Kitab Suci (Am 5:7-13 dan Mat 7:12)
5. Panggilan Gereja untuk memperjuangkan keadilan.

IV. PROSES PEMBELAJARAN
1. Doa Pembukaan
2. Mengamati berbagai kasus ketidakadilan di tanah air
• Mengamati cerita bergambar (tanah kami)
• Mendalami isi dan pesan
• Masukan dari guru tentang : kasus-kasus ketidakadilan
3. Menyoroti ketidakadilan dalam terang Kitab Suci (Am 5:7-13) tentang “melawan perkosaan keadilan”
• Berdialog mendalami isi/pesan dari cerita Kitab Suci
• Masukan dari guru
4. Mengamati dan mendalami perjuangan Keadilan
5. Mendalami pola pendekatan untuk menegakkan keadilan bagi mereka yang tertindas
6. Pendalaman dan tekad
• Siswa diajak untuk membaca dan mendengarkan cerita “Perjuangan Marsinah”
7. Doa Penutup.

V. METODE / SARANA
1. Metode : Cerita, Tanya jawab, Diskusi, Informasi dan Penugasan
2. Sarana : Cerita bergambar “Tanah Kami” Kitab Suci, buku siswa

VI. LIFE SKILL
Menggali informasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, komunikasi lisan.

VII. PENILAIAN
1. Jenis tagihan : ulangan harian, ulangan blok, tugas kelompok
2. Bentuk soal : uraian bebas, laporan
3. Soal:
a. Amatilah kasus-kasus ketidakadilan yang sangat menonjol di lingkungan mu ! mengapa hal itu terjadi ?
b. Apakah ada ketidakadilan didalam gereja sejauh pengamatan mu ? mengapa kiranya yang dapat kalian berikan untnk mengatasi masalah tersebut ?


Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA / SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran , kedamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

I. INDIKATOR:
1. Menyebutkan fakta kebohongan, rekayasa dan manipulasi
2. Menyebutkan dan menjelaskan bentuk kebohongan
3. Menjelaskan makna firman Tuhan ke delapan

II. MATERI AJAR:
Memperjuangkan Kebenaran:
1. Fakta kebohongan
2. Bentuk kebohongan
3. Analisis sebab akibat kebohongan
4. Arti dan makna firman Tuhan kedelapan
5. Memperjuangkan kebenaran

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk membaca cerita tentang “Berbohong”
b. Mendalami bersama isi cerita tersebut
c. Masukan dari Guru tentang bentuk-bentuk, sebab-sebab, dan akibat kebohongan.
d. Guru mengajak siswa untuk mendalami dusta dan kebenaran menurut Kitab Suci (Kel 23:1-3; Ul 16:19; Yak 3:1-6;Mat 5:37)

3. Kegiatan Akhir:

a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas XII , Kitab suci,

VI. PENILAIAN : Tertulis / Uraian:

1. Sebutkan fakta kebohongan, rekayasa dan manipulasi yang terjadi dalam masyarakat!
2. Sebutkan dan menjelaskan bentuk-bentuk kebohongan itu!
3. Jelaskan makna firman Tuhan ke delapan!

Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran , kedamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

I. INDIKATOR:
1. Menyebutkan fakta ketidakjujuran
2. Menganalisis sebab dan akibat ketidakjujuran
3. Menjelaskan arti kejujuran
4. Menganalisis ketidakjujuran dan kejujuran dalam terang Kitab Suci.
5. Menyebutkan usaha untuk memperjuangkan kejujuran.

II. MATERI AJAR:
Memperjuangkan Kejujuran:
1. Fakta ketidakjujuran
2. Sebab dan akibat ketidakjujuran
3. Arti dan makna ketidakjujuran
4. Ketidakjujuran dan kejujuran dalam terang Kitab Suci
5. Usaha memperjuangkan kejujuran

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk menulis tentang jati dirinya dalam selembar kertas kemudia ditukarkan pada temanya
b. Guru meminta untuk membaca apa yang telah ditulis temannya
c. Masukkan dari guru tentang ketidakjujuran dalam masyarakat yaitu bentuk-bentuk ketidakjujuran, alasan dan akar ketidakjujuran serta akibat ketidakjujuran
d. Memahami bersama ketidakjujuran dalam terang Kitab Suci (Luk 11:42-43 ; Mat 23:13-14; 27-28)
e. Masukan dari guru tentang arti dan makna kejujuran dan memperjuangkan kejujuran

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas XII , Kitab suci,


VI. PENILAIAN : tertulis / uraian:

1. Sebutkan fakta-fakta ketidakjujuran itu!
2. Uraikan sebab dan akibat ketidakjujuran!
3. Jelaskan arti dari kejujuran!
4. Jelaskan ketidakjujuran dan kejujuran dalam terang Kitab Suci!
5. Sebutkan usaha untuk memperjuangkan kejujuran!



Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran , kedamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

I. INDIKATOR:
1. Menganalisis sebab akibat pertikaian
2. Menjelaskan makna damai menurut ajaran Yesus Kristus
3. Menyebutkan usaha untuk memperjuangkan perdamaian 
4. Menyebutkan hambatan dalam memperjuangkan perdamaian.

II. MATERI AJAR:
Memperjuangkan Perdamaian dan Persaudaraan sejati:
1. Sebab dan akibat pertikaian
2. Ajaran Yesus tentang perdamaian
3. Usha memperjuangkan perdamaian dan persaudaraan
4. Hambatan dalam memperjuangkan perdamaian dan persaudaraan

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk mendalami berbagai pertikaian dan perang yang terjadi didunia ini.
b. Masukan dari guru tentang fakta-fakta pertikaian dan perang, alasan dan akibat pertikaian dan perang
c. Guru mengajak siswa mendalami kedamaian dalam terang Kitab Suci ( Yoh 14:27; Mzm 37:11-37)
d. Masukan dari guru tentang memperjuangkan perdamaian dan persaudaraan sejati

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru memberi tugas siswa untuk menyusun doa bagi perdamaian danpersaudaraan sejati
b. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas XII , Kitab suci,

VI. PENILAIAN : tertulis uraian:


1. Uraiakan sebab akibat pertikaian itu!
2. Jelaskan makna damai menurut ajaran Yesus Kristus!
3. Sebutkan usaha untuk memperjuangkan perdamaian !
4. Sebutkan hambatan dalam memperjuangkan perdamaian!



Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran , kedamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

I. INDIKATOR:
1. Mengungkapkan keindahan dan keharmonisan lingkungan hidup
2. Mengungkapkan dan menjelaskan manfaat dari unsur-unsur lingkungan hidup
3. Menjelaskan makna dari Kej 1:1-24
4. Mengungkapkan rasa syukur terhadap lingkungan hidup..

II. MATERI AJAR:
Lingkungan Hidup yang Indah dan Harmonis:
1. Keindahan dan keharmonisan lingkungan hidup
2. Manfaat lingkungan hidup
3. Kisah ciptaan Kej 1:1-24
4. Syukur terhadap Lingkungan Hidup

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru dan siswa mengamati keindahan dan keharmonisan lingkungan hidup
b. Masukan dari guru tentang keindahan dan keharmonisan alam lingkungan kita
c. Mendalami bersama tentang makna tanah bagi lingkungan hidup kita
d. Mendalami bersama manfaat tanaman
e. Mendalami lingkungan dalam terang Kitab suci

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas XII , Kitab suci,

VI. PENILAIAN : Tugas Kelompok, Ulangan harian

1. Ungkapkan dan jelaskan manfaat dari unsur-unsur lingkungan hidup!
2. Jelaskan makna dari Kej 1:1-24!
3. Ungkapkan rasa syukur terhadap lingkungan hidup melalu bentuk doa!


Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu dan bersedia berjuang untuk menegakkan keadilan, kejujuran , kedamaian dan keutuhan ciptaan sesuai dengan iman dan perannya.

I. INDIKATOR:
1. Menyebutkan fakta pencemaran dan kerusakan lingkungan
2. Menjelaskan sebab dan akibat perusakan lingkungan hidup
3. Melakukan usaha pelestarian lingkungan

II. MATERI AJAR:
Perusakan dan Pelestarian Lingkungan Hidup:
1. Fakta kerusakan lingkungan hidup
2. Sebab dan akibat perusakan lingkungan hidup
3. Kitab Kej 1
4. Tokoh pejuang

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk mengamati dan mendalami pencemaran dan perusakan lingkungan
b. Guru memberi masukan secara dialogis tentang pencemaran dan perusakan lingkungan hidup
c. Siswa diajak untuk mendalami berbagai akibat dari pencemaran dan perusakan lingkungan hidup
d. Mendalami pesan Kitab Suci bagi manusia yang sering merusak alam lingkungan
e. Mendalami bersama perjuangan melestarikan lingkungan hidup

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas XII , Kitab suci,

VI. PENILAIAN : tertulis / uraian.

1. Sebutkan fakta pencemaran dan kerusakan lingkungan!
2. Jelaskan sebab dan akibat perusakan lingkungan hidup!
3. Jelaskan usaha- usaha melestarikan lingkungan hidupmu!

Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama atau kepercayaan lain.

I. INDIKATOR:
1. Menjelaskan terjadinya perpecahan dalam Gereja, sehingga timbul Protestantisme!
2. Menyebutkan macam-macam Gereja Kristen di Indonesia!
3. Menjelaskan persamaan dan perbedaan Gereja Katolik dan Protestan.
4. Menganalisis Dekrit Konsili Vatikan tentang Ekumene!
5. Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan membangun dialog dengan umat Kristen.

II. MATERI AJAR:
Berdialog dengan Umat Kristen Protestan:
1. Timbulnya Protestanisme.
2. Persamaan dan Perbedaan antara Gereja Katolik dan Protestan.
3. Gereja-gereja Kristen di Indonesia.
4. Dekrit Konsili Vatikan II tentang Ekumene.
5. Kegiatan yang membangun dialog.

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.
c. Pretes untuk penjajagan.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk membaca dan mendengarkan cerita serta mengungkapkan pengalaman tentang hubungan antara umat Katolik dan umat Protestan melalui cerita “Yesus menonton Pertandingan Sepak Bola”.
b. Masukan / informasi dari guru tentang sejarah perpecahan gereja.
c. Diskusi mendalami ciri-ciri khas protestanisme dan perbedaannya dengan Gereja Katolik.
d. Guru memberikan masukan secara dialogis(jika diperlukan)
e. Siswa diajak untuk membaca dan mendengarkan kutipan dari “Dekrit tentang Ekumene” artikel 4.

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru memberi tugas para siswa untuk menyusun sebuah doa ekumenis.
b. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa yang telah disusun siswa.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas 3 , Kitab suci, Konsili Vatikan II Dekrit tentang Ekumene.

VI. PENILAIAN : Unjuk kerja




Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama atau kepercayaan lain.

I. INDIKATOR:
1. Menyebutkan beberapa pokok penting ajaran Islam.
2. Menjelaskan pandangan Gereja Katolik tentang Islam.
3. Menjelaskan macam-macam dialog antara umat Katolik dengan umat Islam.
4. Melakukan usaha yang membangun persaudaraan antara umat Gereja Katolik dan Umat Islam.

II. MATERI AJAR:
Berdialog dengan Umat Islam:
1. Beberapa pokok penting ajaran Islam.
2. Pandangan Gereja Katolik tentang Islam.
3. Cara-cara dialog antara umat Katolik dan Islam.
4. Melakukan usaha yang membangun persaudaraan antara Umat Katolik dengan Umat Islam.

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.
c. Pretes untuk penjajagan.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk mendalami kisah tentang “Uluran Tanganmu Meringankan Langkahku”.
b. Guru memberikan penjelasan singkat mengenai Agama Islam, Ajaran Islam tentang sikap Islam terhadap agama lain, bentuk-bentuk dialog dengan Islam dan cara menghilangkan rasa curigadan membangun persaudaraan sejati.

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa.

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas 3 , Kitab suci.

VI. PENILAIAN : Ulangan tertulis/uraian:

1. Sebutkan beberapa pokok penting ajaran Islam!
2. Jelaskan pandangan Gereja Katolik tentang Islam!
3. Jelaskan macam-macam dialog antara umat Katolik dengan umat Islam!
4. Sebutkan usaha-usaha membangun persaudaraan antara umat Gereja Katolik dan Umat Islam!




Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 9
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama atau kepercayaan lain.

I. INDIKATOR:
1. Menjelaskan pokok penting ajaran agama Hindu, Budha, dan aliran kepercayaan.
2. Menjelaskan pandangan Gereja terhadap Agama Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.
3. Menjelaskan bentuk-bentuk dialog dengan umat Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.
4. Menjelaskan usaha-usaha yang membangun persaudaraan antara umat Katolik dan umat Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.

II. MATERI AJAR:
Berdialog dengan Umat Hindu, Budha, Konghucu dan aliran kepercayaan:
1. Menjelaskan pokok penting ajaran agama Hindu, Budha, dan aliran kepercayaan
2. Pandangan Gereja terhadap Agama Hindu,Budha dan aliran kepercayaan.
3. Bentuk-bentuk dialog dengan Umat Hindu, Budha dan kepercayaan lain.
4. Usaha-usaha mebangun persaudaraan atara umat Katolik dan Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.
c. Pretes untuk penjajagan.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk mendalami cerita tentang berbagai agama bukan Kristiani.
b. Masukan dari guru tentang agama Hindu dan Agama Budha, Khonghucu dan aliran kepercayaan.
c. Guru mengajak siswa untuk berdialog tentang bentuk-bentuk dialog dengan agama hindu, Budha, khonghucu dan aliran kepercayaan.

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas 3 , Kitab suci.

VI. PENILAIAN : Ulangan tertulis /urain

1. Jelaskan pokok penting ajaran agama Hindu, Budha, dan aliran kepercayaan!
2. Jelaskan pandangan Gereja terhadap Agama Hindu, Budha dan aliran kepercayaan!
3. Jelaskan bentuk-bentuk dialog dengan umat Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.!
4. Menjelaskan usaha-usaha yang membangun persaudaraan antara umat Katolik dan umat Hindu, Budha dan aliran kepercayaan.



Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan : SMA / SMK

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 10
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standart Kompetensi : Memahami makna firman Allah, ajaran Yesus dan ajaran gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai kehendak Allah, sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama atau kepercayaan lain.

I. INDIKATOR:
1. Menjelaskan makna UUD1945, khususnya pasal 29.
2. Menjelaskan pandangan Gereja terhadap agama-agama non-Kristen berdasar dekrit Nostra Aetate Art.2!
3. menjelaskan bentuk kerjasama yang sudah dilakukan Gereja Katolik dengan umat beragama lain khususnya di Indonesia.
4. Menjelaskan hambatan-hambatan kerjasama dan dialog dalam membangun persaudaraan sejati dengan umat beragama lain.
5. Menyebutkan tindakan-tindakan yang dapat membangun persaudaraan sejati antara umat beragama.

II. MATERI AJAR:
Kerjasama Antar Umat Beragama Membangun Persaudaraan Sejati:
1. UUD 1945, psl 29
2. Pandangan Gereja terhadap agama-agama Non-Kristen berdasar NA Art.2
3. Bentuk-bentuk kerjasama yang sudah terjalin antara umat Katolik demgam umat beragama lain khususnya di Indonesia. 
4. Hambatan kerjasama dan dialog dalam membangun persaudaraan sejati antar umat beragama.
5. Tindakan-tindakan dalam membangun persaudaraan sejati.

III. METODE PEMBELAJARAN : Sharing, Dialog/Tanya jawab, Diskusi, Informasi, Penugasan.

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal:
a. Guru mengajak siswa untuk memulai pelajaran dengan doa.
b. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada siswa.
c. Pretes untuk penjajagan.

2. Kegiatan Inti:
a. Guru mengajak siswa untuk mendalami kerusuhan dan bencana bernuansa agama.
b. Masukan dari guru tentang berbagai fakta kerusuhan antar pemeluk agama, sebab-sebab kerusuhan, akibat kerusuhan.
c. Siswa diajak untuk mendalami fungsi agama.
d. Masukan dari guru tentang membangun persaudaraan sejati antara pemeluk agama-agama

3. Kegiatan Akhir:
a. Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan doa 

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR: Buku Siswa Perutusan Murid-Murid Yesus Kelas 3 , Kitab suci.

VI. PENILAIAN : Tertulis , uraian.

1. Menjelaskan makna UUD1945, khususnya pasal 29.
2. Menjelaskan pandangan Gereja terhadap agama-agama non-Kristen berdasar dekrit Nostra Aetate Art.2!
3. menjelaskan bentuk kerjasama yang sudah dilakukan Gereja Katolik dengan umat beragama lain khususnya di Indonesia.
4. Menjelaskan hambatan-hambatan kerjasama dan dialog dalam membangun persaudaraan sejati dengan umat beragama lain.
5. Menyebutkan tindakan-tindakan yang dapat membangun persaudaraan sejati antara umat beragama.


Semarang, ...............
Mengetahui Kepala Sekolah SMA ...... Semarang Guru Agama Katolik 



......... .............. NIP. ....... NIP. ...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar